Freedom of Expression & Digital Security

Diskusi + Lokakarya
Kebebasan Berekspresi & Keamanan Digital (menjelang 2018-2019)
☞ Senin, 26 Februari 2018
C2O library & collabtive
Jl. Dr. Cipto 22 Surabaya

Gratis, tempat terbatas.
PENDAFTARAN: http://s.id/AmanInternetanSUB

> 16.00 – 18.00 DISKUSI
Peningkatan Pembungkaman
Media & Kebebasan Berekspresi
untuk Antisipasi 2018-2019
Pembicara: Kukuh S. Wibowo
Koordinator Divisi Etik, AJI Surabaya
Jurnalis senior, TEMPO

> 19.00 – 21.00 WORKSHOP
Basic Digital Security & Privacy
untuk smartphone dan media sosial
Fasilitator: kathleen azali
PERIN+1S—C2O library & collabtive
SAFEnet (Southeast Asia FoE Network)
# Termasuk materi handout
# Bawa HP yang sering digunakan

Kepikiran nggak sih Pemilu 2018 dan 2019 akan datang bakal panas dan sumpeknya kayak gimana? Ramai hoax, ujaran kebencian, pembukaan paksa data pribadi (doxing) dan modifikasi foto video untuk menjatuhkan? Belum lagi makin maraknya persekusi dan pasal-pasal—seperti dalam UU ITE, UU MD3, dan RKUHP—yang berpotensi sekenanya menjerat tanpa batasan yang jelas, membuat siapapun dapat dengan semena-mena dicyduk?

Makin penting karenanya kita membekali diri dengan pengetahuan mengenai situasi politik dan perubahan hukum yang sedang terjadi, dan mempelajari praktek-praktek keamanan digital dalam menggunakan internet untuk melindungi diri. Problem keamanan berinternet juga berkaitan dengan keterbatasan kapasitas warganet untuk mengenali persoalan keamanan digital dan bagaimana memanfaatkan jalur yang telah dibuat untuk menciptakan pengalaman berinternet yang aman.

Karenanya, selama bulan Februari 2018, SAFEnet mengadakan Bulan Aman Berinternet 2018. Tujuan dari kegiatan ini adalah menggandeng para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan masing-masing, utamanya warganet, agar dapat menciptakan situasi internet yang lebih aman dan antisipatif terhadap berbagai ancaman kebebasan berekspresi di Indonesia. Untuk kegiatan di Surabaya, SAFEnet Indonesia menggandeng PERIN+1S dan C2O library & collabtive sebagai rekan pelaksana, dengan dukungan narasumber dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya.

Gratis, tempat terbatas.
PENDAFTARAN: http://s.id/AmanInternetanSUB

Handout #AmanInternetan dapat diunduh di sini

Leave a Reply