Google News Initiative Training Network

Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) bekerjasama dengan Google News Initiative dan Internews akan menyelenggarakan rangkaian Training untuk Jurnalis di berbagai daerah di Indonesia. Di Surabaya, acara ini diselenggarakan selama 2 hari pada:

☞ Sabtu, 28 – Minggu, 29 April 2018, pk. 09.00-17.00
di C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22, Tegalsari, Surabaya
Gratis, tempat terbatas. Pendaftaran: s.id/GoogleNITN

Fokus: dari Google News Initiative Training ini adalah mengasah keterampilan peserta untuk memanfaatkan sejumlah peralatan (tools) di internet guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang tidak jelas kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

Materi: Peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

Output: Setelah pelatihan, panitia akan membuat forum bersama untuk mentoring implementasi tools yang sudah diajarkan dalam bentuk google classroom. Panitia juga akan memilih beberapa peserta terbaik yang berhasil menggunakan tools yang diberikan dalam kerja jurnalistiknya untuk mendapatkan hadiah kunjungan ke Google Summit 2019.

Fasilitas: Panitia akan menyediakan katering selama acara, trainer yang telah dilatih oleh tim Google News Initiative, dan berbagai materi pendukung. Panitia tidak menyediakan akomodasi serta transportasi.

Pendaftaran: Gratis, tapi tempat terbatas hanya untuk 20 orang jurnalis. Untuk mendaftar jurnalis dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dalam Google form pada tautan ini: s.id/GoogleNITN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *