Discussion on contract guidelines for gig/freelance workers

Klik untuk mendaftar

Perkembangan ekonomi digital terus melesat dan mendorong pula tren kerja fleksibel, salah satunya dengan relasi kerja freelance. Meskipun didorong menjadi sebuah tren tersendiri, para pekerja mandiri/freelancers ini seringkali menghadapi kondisi kerja yang buruk seperti upah yang telat, kurang, atau bahkan tidak dibayar sama sekali oleh pemberi kerja. Selain itu, mereka juga seringkali bekerja tanpa batas waktu, upah lembur, jaminan sosial, kesehatan, serta perlindungan keselamatan kerja. Hal ini seringkali terjadi karena minimnya instrumen hukum yang cukup akomodatif bagi relasi kerja semacam ini.

Karena itu, SINDIKASI (Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi) bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum Pers merencanakan penyusunan buku panduan kontrak kerja bagi para pekerja lepas (freelancer) dengan analisis berbagai aturan hukum yang ada terkait pekerja freelance.

Untuk melengkapi analisis tersebut di atas, SINDIKASI pun menggelar rangkaian diskusi terbatas dan mendalam di Bandung, Surabaya, dan Jakarta dengan melibatkan freelancer dari berbagai sektor. Hasil dari diskusi ini akan menjadi materi penting bagi SINDIKASI untuk kerja-kerja advokasi kebijakan kepada pemerintah.

Di Surabaya, diskusi ini digelar bekerjasama dengan PERIN+1S | C2O pada:
Sabtu, 13 April 2019, pk. 13.00 – 16.00
di C2O, Jl. Dr. Cipto 22, Kel. Dr. Sutomo, Kec. Tegalsari, Surabaya (peta lokasi)

Kami mengundangmu untuk bisa berbagi aspirasi dengan bergabung sebagai peserta. Diskusi ini tidak dipungut biaya. Namun, karena keterbatasan tempat, peserta perlu mendaftar selambatnya 10 April 2019 23.59 dengan mengisi formulir online di bawah ini.

Klik untuk mendaftar

Guna mendorong sampel yang representatif, variasi subsektor juga akan menjadi pertimbangan kami dalam menyeleksi peserta diskusi. Demikian pula dengan komposisi gender, juga akan menjadi pertimbangan kami untuk menyeleksi peserta diskusi. Peserta yang lolos seleksi akan dihubungi panitia melalui email yang dicantukan dalam formulir selambatnya 12 April 2019 12.00.

Pertanyaan lebih lanjut mengenai diskusi ini dapat menghubungi Pusat Informasi SINDIKASI 0811 1662708 atau berkirim surel ke serikat@sindikasi.org.

Klik untuk mendaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *