The Glass Room Exhibition

Selamat Hari Privasi Data (Data Privacy Day)! Untuk merayakan hari ini sekaligus memperluas kesadaran mengenai privasi data, PERIN+1S bekerjasama dengan Tactical Tech untuk menyelenggarakan pameran The Glass Room selama 29 Januari hingga 10 Februari 2020, dengan lokasi di C2O, Surabaya. The Glass Room adalah pameran keliling yang memicu percakapan global mengenai data dan privasi: bagaimana kebiasaan, gerakan, hubungan, preferensi, kepercayaan, dan rahasia kita dipantau secara digital, digunakan untuk keuntungan bisnis dan politik.

Selamat Hari Privasi Data (Data Privacy Day)! Untuk merayakan hari ini sekaligus memperluas kesadaran mengenai privasi data, PERIN+1S bekerjasama dengan Tactical Tech untuk menyelenggarakan pameran The Glass Room selama 29 Januari hingga 10 Februari 2020, dengan lokasi di C2O library & collabtive, Surabaya.

The Glass Room adalah pameran keliling yang memicu percakapan global mengenai data dan privasi: bagaimana kebiasaan, gerakan, hubungan, preferensi, kepercayaan, dan rahasia kita dipantau secara digital, digunakan untuk keuntungan bisnis dan politik. Melalui pameran The Glass Room, pengunjung didorong untuk melakukan introspeksi terhadap kebiasaan dan interaksi mereka dengan perangkat teknologi, dan untuk memahami bagaimana hal-hal tersebut di(salah)gunakan, seringkali tanpa sepengetahuan kita.

Dipersembahkan oleh Mozilla (organisasi yang menaungi peramban Firefox) dan dikuratori oleh Tactical Technology Collective, The Glass Room telah dipamerkan di Berlin, New York, London dan sebagian besar San Francisco, menarik lebih dari 60.000 pengunjung. Selain itu, lebih dari 150 acara Glass Room Community Edition telah terjadi di seluruh dunia seperti di Lisbon (Portugal), Algeria, Sudan, Kuwait, Kenya, Islamabad (Pakistan), Bangalore, dan banyak lagi tempat di seluruh dunia, menjangkau lebih dari 80.000 orang.

Ini adalah pameran The Glass Room Community Edition pertama kali di Indonesia. Selain pameran, akan ada berbagai workshop, diskusi, dan pemutaran film yang berkaitan dengan keamanan data dan privasi. Ada Data Detox Bar saat pembukaan pameran pada 29 Januari (mulai pk.18.30), workshop mengelola dan mengamankan password, penggunaan VPN & Tor, serta cara melakukan enkripsi percakapan & email. Selain itu juga ada nobar & diskusi The Power of Privacy, The Great Hack, The Moderators, dan lain sebagainya. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di bawah, atau dipantau di Instagram @C2Olibrary dan @perintis_info.

Jadwal acara “The Glass Room Exhibition” Surabaya

Semua kegiatan diselenggarakan di C2O library & collabtive
Jl. Dr. Cipto 22, Kel. Dr. Sutomo, Kec. Tegalsari, Surabaya
(rumah pagar hijau seberang resto Kayanna)

Semua acara terbuka untuk umum—tidak perlu mendaftar, silakan langsung datang. Donasi sukarela untuk mendukung keberlanjutan program. Kotak donasi akan diletakkan di meja tamu, dan sesekali diedarkan saat program berlangsung.

Pameran:
☞ 29 Januari 2020 – 10 Februari 2020, pk. 11.00 – 21.00
Tutup tiap Selasa sesuai dengan jam operasional C2O

Pembukaan pameran: Data Detox Bar
☞ Rabu, 29 Januari 2020, pk.18.30 – selesai
Datang ke pembukaan pameran dan pelajari langkah sehari-hari yang dapat Anda ambil untuk mengontrol privasi, keamanan, dan kenyamanan digital dengan cara yang terasa sesuai bagi Anda.

Nobar & diskusi: The Power of Privacy
☞ Jumat, 31 Januari 2020, pk.18.30 – 20.30
Dalam film dokumenter yang dibuat oleh The Guardian dan Silent Circle, kita mengikuti jurnalis Aleks Krotoski menelusuri data pribadinya yang tersebar bebas di Internet—mulai berbagai obrolan intimnya di dating apps, catatan keuangan dan pajaknya, hingga ke mana saja dia telah pergi—dan menonton berbagai cara komputer kita dapat diretas dengan cara sederhana, antara lain melalui phishing dan flashdisk. Kita juga akan berkunjung ke berbagai perusahaan IoT.

Nobar & diskusi: The Great Hack
☞ Minggu, 2 Februari 2020, pk.18.30 – 20.30
Menceritakan bagaimana perusahaan data bernama Cambridge Analytica menambang data media sosial guna memenangkan pemilihan presiden A.S. 2016. Film ini mendorong kita untuk mempertanyakan informasi yang kita konsumsi setiap hari dan menantang kita untuk memikirkan apa yang kita berikan ketika kita “share” data kita di era digital.

Workshop: Aman berselancar dengan Tor & VPN
☞ Sabtu, 1 Februari 2020, pk.18.30 – 20.30
Dalam workshop ini kita akan membahas: Apa itu Tor? Apa bedanya dengan VPN? Bagaimana cara memilih VPN yang dapat dipercaya? Jangan lupa membawa gawai dan/atau laptopmu jika ingin praktek langsung.

Workshop: Password Security & Management
☞ Rabu, 5 Februari 2020, pk.18.30 – 20.30
Di Internet, kita menggunakan banyak akun: media sosial, email, online shop, e-banking, dsb. Tiap akun membutuhkan password yang berbeda-beda agar tidak mudah diretas. Pun, trik menggunakan sedikit pembeda untuk tiap akun sangat mudah diretas dengan makin canggihnya komputer sekarang. Lantas bagaimana membuat dan menyimpan banyak password yang susah ditebak? Gabung dalam workshop ini untuk belajar perihal penguatan dan pengelolaan kata/frasa sandi (password/passpharse). Jangan lupa membawa gawai dan/atau laptopmu jika ingin praktek langsung.

Nobar & diskusi: The Moderators
☞ Sabtu, 8 Februari 2020, pk.18.30 – 20.30
Di sebuah kantor di India, kader moderator Internet memastikan bahwa situs media sosial tidak diambil alih oleh bot, scammer, dan pornografi. Moderator menunjukkan manusia di balik moderasi konten, membawa pemirsa ke dalam proses pelatihan yang dilalui para pekerja untuk menjadi monitor media sosial.

Diskusi: Data & Dating
☞ Minggu, 9 Februari 2020, pk.16.00 -18.00
Tinder, Grinder, Bumble, Badoo, OkCupid … Bagi jutaan orang yang menggunakan platform dating online, kencan atau bahkan cinta sekarang terasa dalam jangkauan klik atau swipe saja. Namun bagaimana data dikumpulkan, dianalisis, dijual, diperdagangkan, atau digunakan kembali mungkin lebih rumit daripada yang kita pikirkan. Belum lagi resiko penyebaran data oleh sesama pengguna, seperti penyebaran foto/video intim tanpa persetujuan pemiliknya. Kita juga akan membicarakan berbagai tips & trik untuk melakukan kencan online dengan lebih aman.

Closing CryptoParty: Encrypting chats & emails
☞ Senin, 10 Februari 2020, pk.18.30 – 20.30
Apa yang dimaksud dengan enkripsi? Apa beda enkripsi server-side dan enkripsi end-to-end? Chat apps apa saja yang lebih aman? Bagaimana memperkuat enkripsi email? Dalam CryptoParty ini kita bisa membahas sekaligus praktek langsung sembari menikmati minuman makanan ringan. Jangan lupa membawa gawai dan/atau laptopmu jika ingin praktek langsung.

Leave a Reply