Memanfaatkan gadget lawas

Punya gawai atau gadget lawas? Sebelum keburu kamu buang dan membeli baru, ada baiknya kamu gunakan ulang atau repurpose.

Punya gawai atau gadget lawas? Sebelum keburu kamu buang dan membeli baru, ada baiknya kamu gunakan ulang atau repurpose. Limbah elektronik atau e-waste menjadi masalah yang makin besar, dengan saat ini kita memproduksi 21% lebih banyak limbah elektronik secara global dibandingkan lima tahun lalu. Pengelolaan limbah elektronik di Indonesia masih didominasi oleh sektor informal (91%), yang seringkali tidak memiliki kapasitas khusus dalam pengolahan, sehingga dapat membahayakan mereka sendiri dan lingkungan sekitarnya. Misalnya, banyak limbah elektronik mengandung logam-logam beracun seperti merkuri, timbal, krpmium, kadmium, arsenik, juga PVC dan PBDE.

Itulah mengapa ada baiknya berpikir dua kali tentang apa yang kita lakukan dengan gadget lama setiap kali ada sesuatu yang baru. Ada banyak cara menggunakan kembali gadget — berikut adalah beberapa rekomendasi dari kami. Siapa tahu, kamu menemukan bahwa ternyata komputer atau gadget lamamu masih berjalan dengan baik, atau bisa digunakan untuk tujuan lain.

Ubah HP lawas menjadi home monitoring / CCTV

HP lawas dapat kamu gunakan sebagai kamera keamanan atau CCTV, yang menyediakan video feed yang selalu aktif dan dapat Anda cek dan kendalikan menggunakan HP lain. Jika berniat memasang outdoor, pastikan HPmu tahan air dan tersembunyi. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan — NarasiTV merekomendasikan antara lain Alfred Camera, SalientEye, dan IP webcam; Wired merekomendasikan Alfred dan Manything. Kami sendiri merekomendasikan Haven yang memiliki sumber terbuka (open source) dan menjaga privasi penggunanya.

Secure & open source monitoring app: Haven

Haven adalah aplikasi pemantauan open source yang dikembangkan oleh Guardian Project, terutama untuk melindungi jurnalis, pembela HAM, meskipun Haven juga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya sebagai baby monitor. Dirancang bersama Edward Snowden, Haven menggabungkan berbagai sensor yang ada di smartphone dengan teknologi komunikasi terbuka seperti Signal dan Tor yang menghindari ketergantungan dan penyimpanan data di third party platform.

Sensor HP digunakan untuk mendeteksi gerakan, getaran, suara, perubahan cahaya, dan merekam melalui kamera depan dan belakang, serta menyimpan semuanya secara lokal dalam perangkat. Ketika salah satu sensor dipicu, notifikasi akan dikirim melalui SMS atau aplikasi Signal (jika diaktifkan). Simak review lebih mendalam di MakeUseOf.

Hidupkan komputer desk/laptop lawas dengan Linux

Tampilan layar Linux Mint Xfce

Komputer lawas seringkali memiliki konfigurasi perangkat keras yang baik, tapi tidak lagi kuat menjalankan operating system atau aplikasi terbaru yang membutuhkan RAM dan CPU besar.

Namun, banyak Linux distro dirancang secara ringan, khusus untuk komputer lawas. Biasanya, distro yang menggunakan Xfce or LXQt cenderung lebih enteng; sementara Unity, GNOME, KDE, MATE, dan Cinnamon mengkonsumsi lebih banyak sumber daya.

Apa saja keuntungan menghidupkan, atau refurbishing komputer lama dengan Linux?

  • Komputer lawas dapat berfungsi dengan baik dan cepat untuk pekerjaan sehari-hari. Misalnya, komputer ini dapat khusus kamu gunakan hanya untuk spreadsheet atau word processor. Ini menciptakan dedicated work station yang mengisolasimu dari godaan untuk berselancar dan aktivitas lainnya.
  • Komputer lawas juga dapat kamu gunakan hanya untuk tugas spesifik, misalnya sebagai media player (lihat di bawah), monitor kamera keamanan (CCTV), network-attached storage (NAS) servers, routers, file servers, dan lain sebagainya.
  • Semuanya gratis dan terbuka. Kamu dapat menginstal, memindahkan, meng-copy, dan mengkloning sistem operasi dan aplikasinya sesuka hati. Ini membuat pekerjaan kamu lebih mudah: Kamu tidak akan mengalami masalah aktivasi atau lisensi.
  • Karena ini komputer lawas yang tidak lagi kamu gunakan, kamu bisa lebih bereksperimen tanpa khawatir akan merusak komputer utamamu.

Pada umumnya, komputer lawas kurang cocok digunakan untuk berselancar karena ukuran dan kompleksitas webpage modern telah bertambah pesat (dengan penggelembungan iklan, script, dsb). Ada beberapa trik yang dapat dilakukan seperti menggunakan ad blocker dan tidak membuka terlalu banyak tabs.

Ubah HP atau komputer lawas menjadi music/media player, atau video conference station

Buat perangkat lamamu khusus untuk media player atau video conference untuk membantu menghemat baterai komputer utamamu. Foto oleh Nathan Dumlao

Kamu dapat menggunakan komputer atau HP lamamu hanya untuk tugas-tugas tertentu seperti memainkan musik (sebagai media player) atau video conference station. Ini membantu mengurangi beban dan menghemat usia baterai komputer atau HP utamamu.

Selain itu, memisahkan media player di komputer terpisah juga memudahkan siapapun untuk memutar lagu tanpa perlu tiap kali ribet dengan login password atau lock screen.


Itu dulu tips dari kami — selamat mencoba! Jika tetap tidak bisa menggunakan ulang perangkat lamamu, carilah komunitas pendaur ulang limbah elektronik (misalnya, IG @ewasterj atau @ewasterj_surabaya) untuk memastikan sampah elektronikmu dibuang dan diolah dengan aman.

Bacaan lainnya:

Leave a Reply