Photo by lucas law on Unsplash

Mengaktifkan darurat SOS di ponsel

Beberapa ponsel memiliki fitur darurat SOS yang dapat mengeluarkan suara alarm, menelpon layanan darurat, serta mengirimkan pesan darurat SOS dan lokasi terakhirmu kepada orang yang kamu percaya atau kontak darurat (emergency contact).

Beberapa ponsel memiliki fitur darurat SOS yang dapat mengeluarkan suara alarm, menelpon layanan darurat, serta mengirimkan pesan darurat SOS dan lokasi terakhirmu kepada orang yang kamu percaya atau kontak darurat (emergency contact).

Fitur darurat SOS ini bisa sangat membantu menghemat waktu dan menyelamatkan. Karena bisa jadi meski kamu sudah berjanji untuk mengabari kawan, keluarga, atau pasangan yang kamu percaya, saat berada dalam keadaan bahaya dan panik, ada besar kemungkinan kita tidak punya banyak waktu, untuk membuka ponsel, mencari dan membuka WhatsApp, mencari nomor orang yang kamu percaya di bawah timbunan pesan-pesan lainnya, mengetik pesan dan membagikan live location.

Mengaktifkan fitur ini di ponselmu dapat membantumu menghemat detik-detik yang berharga. Pertimbangkan untuk aktifkan dan mencoba dulu, untuk memastikan semuanya bekerja, kamu terbiasa dan siap menggunakannya saat kamu membutuhkannya. Diskusikan juga dengan orang-orang yang nomornya kamu masukkan sebagai kontak daruratmu agar dia juga paham apa yang perlu ia lakukan jika suatu saat mendapat pesan SOS ini darimu.

Sebagai catatan, panduan ini dibuat untuk berbagi “mekanisme” saling jaga, terutama di kalangan perempuan dan minoritas gender, ras lainnya. BUKAN untuk menjustifikasi lemahnya perlindungan dan kemananan di ruang publik, apalagi menyerahkan beban tanggungjawab melindungi diri kepada korban.

Mengaktifkan darurat SOS di iPhone

Fitur ini dapat kamu ubah setelannya di Settings > Emergency SOS atau Pengaturan > Darurat SOS.

Menyiapkan kontak darurat

Kamu dapat menambahkan nomor orang-orang yang kamu percaya ke kontak darurat. Bisa jadi ini teman, keluarga, pasangan, atau kawan bantuan hukum. Yang penting adalah kamu mengabari mereka bahwa kamu memasukkan mereka dalam daftar kontak daruratmu, agar mereka juga paham apa yang perlu mereka lakukan jika mereka mendapat pesan SOS darimu.

iPhone 8 atau model lebih baru

Untuk pengguna iPhone 8 atau lebih baru (rilis tahun 2017 atau setelahnya), kamu dapat menahan tombol samping dan tombol volume secara bersamaan.

Saat membuat panggilan darurat SOS, iPhone akan secara otomatis menghubungi nomor darurat setempat. Kamu dapat menahan tombol samping dan tombol volume, yang akan memunculkan penggeser di layar bertuliskan “SOS Darurat”.

Jika Anda menggesernya, iPhone akan membuat panggilan langsung ke layanan darurat setempat. Jika kamu tidak dapat menggesernya, misal karena tidak dapat mengeluarkannya dari saku, terus tahan tombol dan kamu akan mendengar ponsel mengeluarkan bunyi peringatan countdown hingga 3.

Setelah panggilan darurat berakhir, iPhone akan mengabari kontak daruratmu dengan pesan teks dan live location-mu, kecuali jika kamu memilih untuk membatalkannya. Selama periode tertentu setelah mode SOS diaktifkan, perangkat akan mengirimkan update atau pembaruan ke kontak darurat bila lokasimu berubah. 

iPhone 7 atau lebih awal

Untuk iPhone lebih lama, tombol samping dapat ditekan lima kali secara berurutan dengan cepat untuk menampilkan tombol geser Darurat SOS. Setelah panggilan selesai, iPhone akan mengirimkan pesan teks dan live location ke kontak daruratmu.

Android

Pada ponsel Android, fitur darurat SOS ini berbeda-beda, tergantung pada pabrik pembuatnya. Cara paling mudah untuk menemukannya adalah menelusuri Settings (Pengaturan atau Setelan) kemudian cari “SOS”, “darurat”, atau “emergency”.

Setelan SOS di Samsung

Ponsel Samsung, misalnya, memiliki fitur yang disebut Kirim Pesan SOS yang memungkinkanmu menekan tombol samping tiga kali untuk secara otomatis mengirim pesan berisi live location, disertai lampiran rekaman audio dan foto dari kamera belakang dan kamera depan saat itu juga.

Banyak ponsel Xiaomi juga memiliki fitur yang disebut SOS Darurat yang akan mengirim pesan setelah Anda menekan tombol daya di ponsel lima kali secara berurutan. Ini akan mengirimkan lokasi Anda dan pesan SOS, tetapi tidak akan menyertakan rekaman foto atau audio seperti Samsung. Fitur SOS Darurat juga tersedia di Oppo. Namun tidak semua ponsel Android dapat mengirim pesan ke kontak darurat secara langsung, jadi pastikan untuk mempelajari berdasarkan produsen ponselmu.

Rujukan & bacaan lebih lanjut

Leave a Reply